FloraOne Decomposer adalah agensi hayati untuk membuat kompos dan fermentasi jerami. Dijual dalam bentuk powder dan cair.

 

FloraOne Decomposer adalah agensi hayati pengurai bahan organik untuk mempercepat pembuatan pupuk kompos, fermentasi jerami dan kotoran ternak

Kandungan probiotik: Bacillus subtilis, Lactobacillus acidophilus, Cytophaga, Trichoderma harzianum, Aspergillus niger.

Manfaat FloraOne Decomposer:
- Mengolah kotoran ternak menjadi pupuk kompos
- Mengeringkan kotoran ternak yang becek dan bau
- Fermentasi jerami/ silase sebagai pakan ternak

 

Aturan pakai:

1.     Pembuatan kompos per feces/ kotoran ternak 1 ton

Bahan: 100 kg abu, 20 kg gergaji kayu, 20 kg kapur

Tahap pembuatan:

Campurkan bahan-bahan abu, gergaji kayu, kapur, FloraOne Decomposer dan taburkan pada kotoran ternak lapis demi lapis (setiap 20 cm) sampai ketinggian minimal 1,5 meter. Apabila kotoran ternak kering sebaiknya setiap lapis disemprot/ dikocor air sampai lembapan 60% (apabila dikepal kotoran tidak becek dan kalau kepalan dilepas tidak buyar). Kemudian ditutup dengan terpal. Setelah 1 minggu dilakukan pembalikan dengan cara menyisir dan menutup lagi dengan terpal, 2 minggu kemudian kompos sudah bisa digunakan sebagai pupuk atau dikeringkan dengan tujuan pengemasan.

 

2.      Menanggulangi kotoran ternak yang becek dan bau

Taburkan FloraOne Decomposer pada kotoran yang becek dan bau secara merata, lakukan 1-2 kali/ minggu. Dosis: 50 100 gr (1-2 kepal tangan)/ m².

 

3.      Fermentasi jerami (silase) untuk pakan ternak

-          Jerami padi/ jagung dipotong-potong 3-5 cm sebanyak 1 ton.

-          Air 40 liter (untuk jerami kering) atau 10 liter (untuk jerami basah).

-          FloraOne Decomposer 2-3 kg

-          Urea/ katul 5 kg

Tahap pembuatan:
Larutkan urea + air, kemudian semprotkan/ siramkan pada tumpukan jerami (30 cm) sambil menaburi dengan FloraOne Decomposer secara merata sambil menginjak-injak agar memadat.

Ulangi proses/ sampai tumpukan jerami setinggi 1-2 meter, kemudian menutupnya dengan terpal/ plastik. Biarkan tumpukan jerami pada tempat yang teduh (terhindar dari matahari dan hujan, setiap minggu dikontrol apabila jerami kering, semprotlah dengan air agar tetap lembab (kelembaban 60%). Setelah 2-3 minggu tumpukan jerami dipanen/ dibongkar untuk pakan ternak atau dijemur sinar matahari hingga kering untuk disimpan ditempat yang teduh sebagai stok pakan.

jackpotcity casino